Sunday, December 9, 2007

5 Tips Sederhana Hilangkan Stres

STRES mungkin sudah akrab di telinga semua orang. Tekanan pekerjaan, harapan yang tidak tercapai, kehilangan seseorang yang dicintai, hingga putus cinta bisa menjadi penyebab terjadinya stres.

Kondisi ini jika dibiarkan berlarut-larut tentu akan sangat berbahaya. Berbagai penyakit berbahaya dapat disebabkan dari kondisi stres yang dialami. Tekanan darah tinggi, serangan jantung, insomnia, depresi, bahkan sakit jiwa menjadi konsekuensi jika menganggap remeh kondisi yang satu ini.

Melihat risiko yang ditimbulkan dari stres, tentu mulai saat ini Anda harus benar-benar serius memperhatikan masalah yang satu ini. Oleh karena itu menghilangkan atau mengurangi stres yang dialami tentu harus menjadi prioritas Anda, yang dalam kondisi tertekan. Menggunakan tenaga ahli tentu akan banyak menghabiskan uang.

Berikut ini beberapa tips yang diberikan Rebecca Bogle, seperti dilansir Glam.com, Senin (3/12/2007). Ada lima tips sederhana yang diuraikan Rebecca untuk mengatasi stres.

1. Bernafas

Anda dapat meniru teknik pranayama dengan tarik nafas dalam-dalam selama empat detik melalui hidung, kemudian tahan sekira empat detik. Setelah itu, keluarkan secara perlahan lewat mulut. Ulangi langkah ini selama satu menit.

2. Gerak badan

Stres terkadang diakibatkan oleh suasana yang kurang cocok atau lingkungan kerja yang penuh tekanan. Hal itu membuat Anda semakin mudah tertekan atau stres. Cobalah berdiri dengan merentangkan kedua tangan Anda dan gelengkan kepala Anda ke kanan-kiri, serta depan belakang secara perlahan.

3. Tersenyum atau tertawa

Luangkan waktu Anda untuk menikmati hal yang Anda sukai atau menurut Anda lucu. Hal itu perlu dilakukan untuk memberikan Anda mood senang dan gembira. Senyum yang Anda lakukan secara otomatis akan memberikan suasana dan sikap yang positif.

Anda dapat membaca komik dan menonton video sekitar lima menit. Cara ini sudah cukup bermanfaat untuk mengembalikan kejernihan pikiran Anda.

4. Rebahkan tubuh sesaat

Rebahkan tubuh Anda untuk sesaat, diikuti dengan mengendurkan pergelangan kaki, lutut, paha, dan organ tubuh lainnya. Setelah itu beri tekanan pada otot muka Anda dengan memainkan mimik muka Anda. Jika memungkinkan Anda dapat berjemur di bawah sinar matahari pagi dengan suasana yang tenang.

5. Meditasi

Tutup mata Anda kemudian tarik nafas dalam-dalam. Bayangkan sebuah mawar merah berada di depan Anda. Bayangkan bunga mawar tersebut mulai membentuk daun lengkap dengan warna dan bentuknya yang umum Anda lihat. Rasakan bau dan aroma wanginya mengisi tubuh Anda. Kemudian pelan-pelan buka mata Anda untuk menjaga bunga mawar tersebut tetap hidup dalam pandangan Anda beberapa saat saja.

Semoga tips sederhana dari Rebbeca Bogels ini dapat membantu Anda keluar dari tekanan kerja atau kelelahan pikiran yang membuat Anda tertekan atau stres. Selamat mencoba.

0 Comment:

Post a Comment