Thursday, January 15, 2009

Polisi New Zealand berhasil menahan pencuri dengan memanfaatkan Facebook. Polisi menggunakan situs jaringan sosial itu untuk mengidentifikasi penjahat.

Polisi Queenstown di selatan New Zealand memposting foto wajah laki-laki dari kamera pengawas yang mencoba menjebol brankas milik sebuah bar.

"Kriminal itu akhirnya bisa diidentifikasi setelah film dan foto ditampilkan di Facebook. Dia dikenali oleh masyarakat yang melihat di Facebook dan juga melihat dia di TV setelah foto di Facebook itu diberitakan," kata polisi setempat dalam pernyataannya di halaman Facebook.

Polisi mengatakan seorang pria yang tidak disebutkan namanya berumur 21 tahun akan diadili pada Rabu mendatang.

Media setempat melaporkan pria itu kepanasan saat akan menjebol brankas, membuka penutup wajah dan akhirnya tertangkap kamera.

"Dia sungguh pemuda yang bodoh. Ruangan itu sangat kecil dan sangat panas pada waktu itu. Jelas dia tidak sadar ada kamera pengawas hingga saat terakhir. Dia melihat sekeliling dan tahu ada kamera dan wajahnya langsung shok," kata asisten manager bar Mel Kelly.

Karyawan di bar itu tidak mengenali mereka, tetapi Kelly menduga laki-laki itu mantan pegawai karena tahu ruangan penyimpanan itu.

Hal ini pertama kalinya jaringan sosial terbesar di dunia Facebook dapat digunakan untuk menangkap pejahat.

0 Comment:

Post a Comment