Tuesday, January 27, 2009

Kacaukan Nilai Tukar, Blogger Dipenjara

Seorang blogger popular di Korea Selatan ditahan karena menyebarkan informasi palsu. Akibat ulahnya, nilai tukar mata uang negara itu menjadi hancur.

Laki-laki berusia 30 tahun dengan sebutan "Minerva" memposting berita pemerintah Korea telah melarang institusi finansial besar agar tidak membeli dolar AS. Akibat posting yang menurut jaksa tidak hanya tidak akurat tapi juga mempengaruhi nilai tukar uang dan menghancurkan kridibilitas negara.
Pengacaranya Park Chan-jong seperti dikutip dari Associated Press mengatakan, Park Dae-sung seharusnya tidak bersalah.

Penahanan atas blogger itu menimbulkan debat menyangkut kebebasan bicara di cyberspace. Korea Selatan merupakan salah satu negara yang akses internetnya sangat luas.

Sebelumnya, nama blogger itu meroket karena prediksinya atas keruntuhan bank investasi Lehman Brothers yang ternyata benar.

Pada 280 posting yang dilakukan tahun lalu, dia mengkritik cara penanganan pemerintah terhadap eknomi dan membuat prediksi negatif. Tulisannya menunjukkan dia seperti seorang pakar ekonomi dan nama pendeknya sangat popular.

Jaksa mengatakan dia sebenarnya pegawai yang sudah kehilangan pekerjaan. Dia belajar ekonomi secara mandiri dan pendidikan SMA nya di bidang informasi dan komunikasi.

Jika terbukti, Blogger itu bisa dijatuhi hukuman lima tahaun penjara dan denda US$36.360.

1 Comment:

Pemilihan Caleg DPRD Kalbar 2014 Satu Kursi Untuk Seniman said...

mesti hati hati juga bahaya

Post a Comment